Jumat, 30 Agustus 2013

Rooting, Enter to Android System

Siapa yang tidak tau dengan Android. Android adalah sistem operasi selular yang dibuat oleh Google Inc. Android merupakan salah satu OS yang banyak dipakai oleh pengguna handphone di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan banyak nya keunggulan-keunggulan yang dimiliki OS ini. Salah satu keunggulan yang di miliki OS Android adalah sifatnya yang Opensource, yaitu kita dapat dengan bebas mengembangkan OS tersebut.

Walaupun begitu, tetap saja beberapa perusahaan selular tetap membatasi OS Android. Hal ini dilakukannya demi menjaga kestabilan sistem dan mencegah aplikasi-aplikasi yang berbahaya (Malware). Bagi orang yang menggunakan Android hanya sekedar hiburan atau sosmed semata sih batasan tersebut tidak berpengaruh, namun bagi orang yang mempunyai hobi oprek dan suka bereksplorasi dalam hal teknologi seperti saya ini *Plakk* batasan tersebut harus dihancurkan.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan Rooting. Apa itu Rooting? Rooting atau Root adalah membuka akses penuh terhadap sistem operasi Android. Kalau dalam istilah jaringan komputer Root ini sama dengan kita menjadi seorang administrator yang bisa melakukan apa saja terhadap sebuah server jaringan. Dengan Root, kebebasan kita untuk bereksplorasi semakin terbuka karena batasan-batasan yang sebelumnya ada sudah hilang. Keren bukan.

Apa saja kelebihan atau akses yang didapat setelah HH Android anda di Root? Nih gan cekidot:

  1. Anda dapat memasuki sebuah sistem (Bukannya kita menghilang masuk kedalam handphone ya, wkwkwk *plakk). Maksudnya, kita dapat melakukan apa saja dengan OS Android anda, baik itu memperbaiki, bahkan merusak OS Android anda juga bisa. Mantap kan!!!
  2. Anda bisa melakukan Update OS Android anda ke versi terbaru dengan cara Custom ROM.
  3. Anda dapat mengganti Tema bawaan OS Android anda. Ini nih yang ane suka (y)
  4. Anda dapat menambah kecepatan Processor (Overclock) anda.
  5. Anda dapat memindahkan Aplikasi dan Game yang secara Default tersimpan ke Memori Internal menjadi tersimpan ke dalam Memori Eksternal. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir lagi saat menginstal aplikasi.
  6. Anda dapat memanage data anda, yaitu melakukan Back Up dan Restore data-data anda.
  7. Anda juga dapat memanage RAM anda agar HH anda tidak lag.
  8. Anda dapat memblok iklan-iklan yang terkadang muncul di suatu aplikasi yang gratisan.
  9. Anda dapat mengubah aplikasi trial menjadi full version.
  10. Anda dapat menggunakan semua aplikasi yang diharuskan untuk menggunakan akses Root (Termasuk aplikasi yang berguna untuk hal-hal pada poin sebelumnya)
Namun jika anda ingin Rooting HH Android anda, anda harus berani menerima konsekuensi yang akan didapat jika HH Android anda diroot. Salah satu konsekuensi yang paling penting adalah Anda akan kehilangan garansi HH Android anda. Tapi tenang saja, dengan Unroot dan mengembalikan settingan awal, maka HH Android kita akan kembali mendapatkan garansinya. Unroot adalah kebalikan dari Root yaitu menutup akses secara penuh.

Sekian dulu postingan saya kali ini. Insya Allah cara-cara Root akan saya tulis di postingan selanjutnya. Jadi, siapkah anda untuk memasuki sistem? :D

0 komentar

Posting Komentar